Pohon Kedondong Kenapa Bisa untuk Listrik

pohon kedondong
Pohon kedondong kenapa bisa untuk listrik, pohon mengadung listrik, cara kerja listrik pohon, listrik dari bahan alami, khasiat kedondong, bibit pohon kedondong, pohon kedondong, tanaman buah kedondong
Baru baru ini media diramaikan dengan pohon kedondong yang bisa menyalakan lampu, kabar dari aceh ini benar benar fakta adanya, Tahukah kenapa pohon kedondong bisa untuk listrik, ini dikarenakan Zat asam pada buah memang mengandung listrik tapi hanya kecil voltnya. Lalu bagaimana dengan energi pada pohonnya
Pada 2006, warga Amerika bernamaWadle mengklaim telah menemukan cara yang sederhana untuk menarik listrik dari pohon. Hal ini bermula saat Wadle mengukur potensial pohon setelah kilat menyambar ke tanah dan dengan menancapkan paku ke tanah dan ke pohon dan potensial pohon terukur antara 0,8 dan 1,2 Volt.
Baru baru ini, Naufal asal Langsa Aceh mencoba pada pohon kedondong yang merupakan pohon kayu yang mempunyai getah yang mengandung zat asam lebih tinggi dari pohon kayu lainnya.

Cara kerja Pohon Kedondong Menjadi Energi Listrik

  1. Hasil temuan energi dari pohon kayu ini memang sederhana, dengan rangkaian yang terdiri dari pipa tembaga, batangan besi, kapasitor dan dioda, arus listrik yang dihasilkan sangat tergantung kepada kepada kadar keasaman pohon.
  2. Untuk 1 Pohon kedondong dapat menghantarkan listrik sebesar 0,7 volt
  3. Bahwa dengan cara menghubungkan beberapa pohon, baik seri maupun paralel bisa diperoleh voltase dan arus yang memadai untuk dikonversikan dalam bentuk daya listrik sedikitnya 12 Watt, sehingga dapat menghidupkan empat lampu bohlam LED yang masing-masing tegangannya 3 Watt untuk satu rumah penduduk.
  4. Untuk dapat menghasilkan energi listrik, pohon kedondong hutan harus yang sudah berakar kokoh dengan diameter batang minimal 15-20 cm. “Lebih besar batang pohon yang dimanfaatkan lebih baik untuk menghasilkan voltase listrik yang lebih banyak lagi.

Tentang Pohon Kedondong

  • Tidak hanya pohonnya buahnyapun sangat bermanfaat buat energi pada tubuh
  • Pada awal abad ke 20, buah kedondong mulai diperkenalkan ke Australia dan Jamaica oleh bangsa kolonial. Istilah kedondong berbeda-beda di banyak tempat. Di Filipinaa, kedondong disebut Hevi, Kook Kvan (Laos), Mokah (Kamboja), gway ( Myanmar), co C( Vietnam). Buah ini dapat mencapai berat hingga 1 kg. Di Indonesia, daerah penghasil buah kedondong yang paling terkenal adalah kawasan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.
  • Biasanya, pohon kedondong akan berbunga pada Juni-Agustus dan mulai berbuah pada Januari-April. Pohon kedondong baru mulai berbuah setelah berumus 3 tahun.
  • Dalam setiap 100 gram buah kedondong, terkandung 60-85 gram air; 0,85-3,6 gram serat; 8-10 gram sukros; serta, 0,3-1,8 gram protein. Selain itu, buah kedondong juga mengandung 540 mg kalsium, 82 mg fosfor, serta 6,2 mg zat besi. Kandungan vitamin di dalam buah kedondong juga bervariasi yakni vitamin A sebesar 2900 IU; vitamin C sebesar 29 mg dan sedikit vitamin B 1. Pada buah yang belum matang, kedondong mengandung 10% pectin, sejenis asam yang dapat membunuh bakteri.
  • Buah ini memiliki kandungan lemak yang relatif rendah sehingga tidak akan menimbulkan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, kadar serat yang tinggi pada buah kedondong dapat melancarkan pencernaan. Para dokter biasanya menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini 50-75 gram per porsi.