Tanaman Lalapan Daun Kemangi

daun kemangi
Tanaman Lalapan daun kemangi, kemangi, daun daun untuk lalapan, lalapan sehat, lalapan segar, lalapan makan, dedaunan sehat untuk lalapan, daun tanaman untuk lalapan menyehatkan, kemangi untuk lalapan, dedaunan untuk lalapan, manfaat daun kemangi, cara makan daun kemangi, kudapan daun kemangi, sambel lalapan daun kemangi, menu masak daun kemangi.

Manfaat tanaman lalapan daun kemangi

  • Kesehatan Mata; Daun Kemangi merupakan sumber vitamin A yang baik, Kemangi juga kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang juga bermanfaat untuk kesehatan mata.
  • Kesehatan darah; Tinggi Kandungan Vitamin K. Vitamin K di dalam tubuh utamanya berperan dalam proses pembekuan darah, dengan adanya vitamin K koagulasi darah dapat diatur, mengaktivasi sejumlah protein yang terkait dengan pertumbuhan jarigan yang sehat, termasuk jaringan kartilago, tulang, perut dan paru-paru. Mengonsumsi daun Kemangi segar akan meningkatkan kadar vitamin K dalam tubuh Anda.
  • Menghilangkan Noda di Kulit; Ekstrak daun Kemangi yang direbus dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam di kulit. Setelah daun Kemangi direbus, maka selanjutnya, setelah air rebusan dingin, bisa dioleskan dengan menggunakan cotton bud pada area dimana noda hitam itu berada. Ekstrak yang sama juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 
  • Menghambat Penuaan; Kemangi memiliki kandungan fitonutrien yang juga dapat bertindak sebagai antioksidan. Senyawa-senyawa seperti polifenol dan senyawa fenolat berkhasiat sebagai antioksidan yang dapat bertindak dalam mencegah terjadinya penuaan, atau kemungkinan kerusakan yang diakibatkan oleh serangan molekul radikal bebas.
  • Meredakan Stress. Teh yang berasal dari daun Kemangi dapat digunakan untuk menghilangkan pikiran yang penat. Teh daun Kemangi diketahui dapat meredakan kejadian stress pada seseorang. Cara membuat teh daun Kemangi adalah dengan cara menyeduh daun Kemangi yang telah dikeringkan dengan air panas di dalam cangkir selama kurang lebih 30 menit. Semakin lama daun Kemangi kering diseduh maka akan semakin banyak kandungan senyawa yang akan terekstrak.
  • Membantu Kelancaran Haid; Daun Kemangi kaya akan zat besi. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi daun Kemangi maka zat besi yang terkandung di dalamnya dapat menggantikan kehilangan zat besi yang terjadi saat perempuan mengalami siklus bulanan.  
Tanaman lalapan daun kemangi