Sawo Manilo Tanaman Dalam Pot

sawo manilo
Sawo manilo tanaman buah dalam pot, tabulampot, buahkan sawo manilo dalam pot, cara membuahkan tanaman buah sawo manilo, jenis jenis tanaman sawo manilo, sawo manilo cepat berbuah.

Sekilas tentang sawo manilo

Sawo (Achras zapota) merupakan tanaman buah berupa pohon yang dapat tumbuh besar dan berbuah lebat. Daunnya yang rimbun mampu menjadi penaung dari sengatan matahari. Tanaman yang sebelumnya berada di daerah tropis Guatemala (Amerika Tengah), Mexico, dan Hindia Barat ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan urutan klasifikasi di kalangan ilmiah, sawo yang disebut neesbery atau sapodillatergolong ke dalam famili Sapotaceae.

Sawo manilo sebagai komoditas

Tanaman sawo tak hanya dapat diambil buahnya tetapi juga getahnya yang terdapat pada kulit batang, daun, dan empulur pohon sawo. Di negara asalnya, tanaman sawo hanya diambil getahnya untuk bahan baku pembuatan permen karet, sedangkan di Indonesia sawo dibudidayakan untuk dinikmati buahnya. Manfaat lain dari tanaman sawo adalah kayunya yang bagus serta di setiap bagian tanamannya memiliki kandungan tertentu untuk pengobatan tradisional. Nama lokal untuk tanaman sawo, ialah : Sawo Manila (Melayu), Sawo saus (Padang), Sawo Manila (Sunda), Sawo Manila (Jawa Tengah), Sawo manila (Madura), Sawo jawa (Bali).