Ciplukan tanaman rempah berkhasiat

ciplukan
Tanaman ciplukan berkhasiat, khasiat tanaman ciplukan, ciplukan tanaman berkhasiat, ciplukan tanaman rempah berkhasiat, tanaman ciplukan (Physalis angula) adalah salah satu tanaman herbal yang hidup semusim dan mempunyai ketinggian pohon hanya 1 m saja. Herbal ciplukan ini biasanya hidup di pinggiran kebun, pinggiran sungai dan lereng tebing sungai. Ciplukan ini bisa tumbuh baik pada ketinggian kurang lebih 0-1800 m diatas permukaan laut. Zat yang terkandung dalam ciplukan : Chlorogenik acid, C27H44O-H2O, Asam sitrun dan fisalin, buah mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, sedangkan bijinya mengandung Claidic acid. 
Kandungan kimia tanaman ciplukan  
Kandungan Chlorogenik acid, C27H440­H20, Asam sitrun, Fisalin, Asam malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C serta Gula

Manfaat dan khasiat ciplukan tanaman rempah

Sifat dan manfaat serta khasiat dari buah ciplukan ini adalah sebagai analgesik, untuk meluruhkan air seni, membantu menetralkan racun, meredakan batuk, membantu mengaktifkan fuungsi dari kelenjar tubuh. Rasa yang muncul dari buah ciplukan ini adalah rasa pahit dan sifat yang sejuk. Dan bagian tanaman yang mempunyai manfaat untuk kesehatan adalah akar, daun dan juga buahnya. Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan sangat banyak khasiatnya.
    ciplukan
  • Manfaat buah ciplukan sebagai obat batuk, untuk menetralkan racun, dan memiliki efek analgeetik, dan bisa mengaktifkan kembalo fungsi dari kelenjar tubuh.
  • Untuk pengobatan luar, manfaat buah ciplukan ini bisa digunakan untuk mengobati borok, mengatasi masalah bisul, dan juga sakit kulit yang membetuk gelembung.  
  • Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk mengatasi masalah penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes mellitus salah satu penyakit yang mematikan di Indonesia. Dan buah ciplukan ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah penyakit diabetes. Ramuan buah ciplukan untuk mengatasi penyakit diabetes melitus adalah : Bahan : tanaman ciplukan yang berbuah dan cabutlah dengan akarnya kemudian dibersihkan Cara membuat : layukan dan rebuslah dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga yang tersisa hanya 1 gelas air, dan kemudian saringlah. Cara mengonsumsi : minumlah untuk 1 kali sehari. Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk mengobati masalah penyakit ayan atau epilepsy. Caranya adalah : Bahan :buah ciplukan sebanyak 8­10 butir Pemakaiannya adalah : makanlah buah ciplukan ini setiap hari secara rutin. 
  • Sedangkan untuk mengobati penyakit rematik, tanaman ciplukan ini bisa digunakan semua bagian tanamannya untuk mengatasi masalah penyait rematik ini. Cara penggunaannya adalah dengan merebus buah ciplukan kering 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas air hingga yang tersisa hanya setengahnya saja. Kemudian setelah itu dinginkan dan satringlah. Minumlah untuk 3 kali setengah gelas dalam seharinya. 
  • Manfaat buah ciplukan untuk hipertensi Manfaat dari buah ciplukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuatnya adalah dengan 5 gram ciplukan kemudian direbus dengan 110 ml air dan direbus kurang lebih selama 10­15 menit sambil diaduk. Dan setelah di rebus sampai mendidih, kemudian saringlah dan setelah itu diamkan agar dingin. Ramuan ini diminum 2 kali dalam sehari. Jangan menyimpan terlalu lama air rebusan ini karena hal ini malah akan membuat senyawa menjadi rusak.
  • Manfaat buah ciplukan untuk sakit paru­paru Cara memanfaatkan tanaman ini adalah salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah sakit paru paru, cara membuat ramuan ini adalah dengan merebius tanaman baik akarnya, batang, daun, bunga dan buahnya. Rebus dengan menggunakan 3­5 gelas air. Dan saringlah jika sudah mendidih. Kemudian minumlah ramuan ini 3 kali dalam sehari. 
PEMBUDIDAYAAN BUAH CIPLUKAN
Tanaman ciplukan dikenal sebagai tanaman liar, jadi pembudidayaannya cukup  mudah, Harga biji ciplukan dipasaran mencapai 500.000 sampai 1 juta per kg, ciplukan tanaman rempah berkhasiat