Begonia Maluku

begonia maluku
Begonia Maluku, Spesies dari keluarga yang meiliki nama latin Begonia Popenoci Standley, hal ini sebenarnya berangkat dari masih banyaknya jenis tanaman yang belum terdokumentasikan oleh para peneliti. Salah satunya famili dari begonia, tanaman yang cantik dan mempesona dari hutan tropis Indonesia.
Wisnu H Ardi, peneliti dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-LIPI menerangkan tentang tempat hidup tanaman begonia

Tempat Hidup Tanaman Begonia Maluku

  1. Begonia adalah tanaman lantai hutan tropis yang bisa ditemukan di ketinggian 0 sampai 2.500 meter di atas permukaan laut. 
  2. Habitatnya berada di perbukitan, hutan, pegunungan. Tanaman cantik tersebut suka hidup di tempat yang lembab, seperti pinggiran sungai, air terjun dan mulut gua.
  3. Persebaran tanaman tersebut ada di wilayah hutan tropis Asia, Afrika dan Amerika. Di Indonesia, begonia hampir bisa ditemukan di seluruh hutan tropis, mulai dari Aceh sampai Papua.
Sekarang banyak dimanfaatkan tanaman hias. Ada satu dua jenis sebagai tanaman obat, ada juga yang dimanfaatkan sebagai lalapan dan sayuran, Penemuan ini telah diterbitkan di Jurnal Internasional Gardens Bulletin Singapore pada tanggal 23 Desember 2015.
Begonia tersebut adalah endemik Pulau Seram di Kepulauan Maluku. Artinya, tidak akan ditemukan di kawasan lain. Dari hasil studi herbarium, jenis ini ditemukan di 3 lokasi di Pulau Seram, salah satunya di Taman Nasional Manusela.
Mayoritas begonia yang tersebar di kepulauan di Indonesia tidak memiliki ciri pada Begonia galeolepis, sehingga dapat dipastikan ini jenis baru,
Begonia jenis baru yang ditemukan Ardi berasal dari Kebun Raya Bali. Tim peneliti Kebun Raya Bali pada tahun 2011 sudah melakukan eksplorasi ke Pulau Seram dan menemukan sejumlah spesies baru. Sampel begonia tersebut kemudian diteliti oleh Ardi di Kebun Raya Bogor.
Jenis begonia ini sangat berbeda dari semua jenis yang sudah ada di kawasan kepulauan Maluku. Begonia tersebut memiliki karakter yang unik di antaranya memiliki sisik merah tebal yang menyerupai sisik ikan hiu pada bagian batang dan tangkai daunnya. Selain itu, tangkai bunga jantan yang sangat panjang.
Pemberian nama galeolepis ini diambil dari bahasa Yunani klasik : Galeos yang berarti ikan hiu, lepis artinya sisik, terangnya.

Begonia Maluku