Tanaman Pelindung Flamboyan

tanaman pelindung flamboyan
Tanaman Pelindung Flamboyan atau Delonix regia khas dengan pohon besar, bunga-bunga merah cerah, Flamboyan berasal dari kata Yunani delos (artinya mencolok), dan onyx, berarti cakar. Nama tersebut mengacu pada penampilan bunga yang memang mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk Madagaskar, untuk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya karena perusakan habitat, Di Indonesia Digunakan sebatai tanaman hias untuk Ruang Terbuka Hijau daerah perkotaan, Keindahan tanaman ini terasa pada saat berbunga
Tanaman pelindung Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m diatas permukaan laut. Apabila tanaman ini tumbuh di daerah yang memiliki 2 musim, maka akan gugur saat musim kemarau, tetapi akan tetap hijau pada musim semi dan dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini juga sering disebut tumbuhan semi-evergreen.
Daun tanaman pelindung flamboyan memiliki bulu dibagian permukaannya. Sistem pertulangan daun berbentuk menyirip, dengan panjang 30,5-50,8 cm dan lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar secara musiman, biasanya mekar saat pertengahan musim panas. Bunga flamboyan memiliki diameterantara 8 dan 15 cm dan memiliki empat kelopak yang berbentuk menyebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm serta satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih. Polong yang sudah tua berwarna coklat gelap, datar dan kayu dengan panjang hingga 70 cm dan lebar 7 cm.

Pembibitan Tanaman Pelindung Flamboyan

    bunga merah tanaman pelindung flamboyan
  • Pembibitan taaan pelindung Flamboyan dengan biji. 
  • Tanam biji Flamboyan yang sudah tua dan dijemur dibawah terik matahari sampai kering total.
  • Selanjutnya setelah disimpan kurang lebih 3-4 minggu kemudian disemai pada media tanam dari campuran tanah dan kompos/pupuk kandang (1:1). 
  • Semaikan dan rawat dengan baik sampai bibit setinggi 1 m baru bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen. 

Kecambah Bibit Tanaman Pelindung Flamboyan .

  1. Gosok biji Flamboyan dengan amplas selama beberapa detik di semua sisinya. Kemudian setelah diampelas direndam dalam air selama satu malam. Setelah direndam kulit luar biji akan mengelupas, kemudian langsung tanam biji tersebut di pot.
  2. Rendam biji pada air hangat selama kurang lebih 24 jam. Kemudian tanam pada pot. Kedua cara ini semuanya dapat dibuktikan dan akan berhasil. Jika berhasil dalam pembenihan pohon Flamboyan akan tumbuh dalam waktu 4 sampai 6 hari. Cara menanam Flamboyan di awal penanaman memang sedikit susah tapi seterusnya akan mudah.


No comments:

Post a Comment