Budidaya durian bawor

durian bawor
Budidaya Durian bawor, harga dari bibit durian bawor, cara pemesanan bibit durian bawor, kaki 4, durian bawor batang utama jumlah 4 pohon yang menyebabkan seringi disebut durian bhinneka, karena batang bibit durian 4 batang sehingga saling menunjang satu sama lain untuk memaksimalkan kesuburan dari tanaman itu sendiri, Bandingkan saja, sebuah pohon dengan batang tunggal dengan pohon yang memiliki 4 batang dalam satu pohon, sungguh luar biasa. Tentu saja lebih efektif dan efisien yang memiliki batang lebih dari satu Batang dari pohon kesemuanya memiliki keunggulan dari varietas masing-masing, sebut saja bibit durian montong, selain masa panen berkisar 3 tahun ( lebih cepat dari pohon durian pada umumnya ) tentu saja, karena memiliki 4 batang tentunya namun juga memiliki kelebihan dari masing-masing bibit yang mendukungnya.

Harga bibit durian bawor

Bibit durian bawor yang dijual tinggi antara 40 hingga 70 cm, dengan lingkungan yang mendukung dan pupuk yang ideal bibit tersebut dapat segera dipanen hanya dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun.
Daftar harga bibit bawor
  • 1   Batang Bibit DBB hanya   Rp. 150.000,-  
  • 10 Batang Bibit DBB hanya @Rp. 140.000,- 
  • 30 Batang Bibit DBB hanya @Rp. 120.000,-
  • 50 Batang Bibit DBB hanya @Rp. 105.000,-
  • 100 Batang Bibit DBB hanya @Rp. 85.000,-

Budidaya Durian Bawor

Langkah pertama memilih bibit durian bawor :
  • Pilih bibit yang terlihat subur, jangan memilih yang terlihat mengering.
  • Pilih bibit yang memiliki intensitas daun lebat ( banyak daunnya ).
  • Pilih bibit yang memiliki batang kuat ( batang yang sambungannya sempurna ), tidak ada yang patah.
  • Perhatikan kondisi fisik bibit, apakah terdapat penyakit yang menghinggapi
  • Cari bibit yang cabangnya menjulur minimal 2 arah, tidak cuman searah, yang penting bibit harus memiliki tunas baru.
Bibit durian akan dapat tumbuh dengan baik pada tinggi tanah sekitar 50-600 m diatas permukaan laut, memerlukan Sinar Cahaya Matahari sekitar 40-50% dengan kondisi pada suhu Antara 22 sampai 30 Derajat Celcius, Ideal pada Curah Hujan Antara 1500 hingga 2500 mm setiap tahunnya. akan tumbuh baik pada tanah lempung yang berpasir serta memiliki humus yang cukup, pada tanah yang memiliki ph 6-7.

Langkah langkah Budidaya Bibit Durian bawor

Langkah Awal yaitu Persiapan lahan;

Pilih waktu akhir musim kemarau atau saat awal musim hujan, Bersihkan lahan dari tanaman pengganggu semisal rumput, alang, serta gulma agar tidak menutupi jalannya sinar matahari sampai ke bibit durian bawor.
Pengolahan tanah serta seting lahan dengan memperhatikan drainase buangan air
aturlah jarak tanam 8,0 m x 12,0 m, atau alternative lain 10,0 m x 10,0 m untuk mengantisipasi pertumbuhan Bibit serta tercukupinya pangan tanaman.

Tahap selanjutnya Media tanam;

Gali lubang dengan ukuran lebih kurang 50 cm2 dan kemudian pisahkan tanah bagian bawah dan atasnya kemudian biarkan ± 2 mgg.
Kemudian campurkan bahan atau material Pupuk kandang yang matang 20 Kg Tanah bagian atas Dolomit kapur 10 Kg campur Hingga rata sebagai media tanam lalu masukkan ke dalam lubang yang sudah ada tadi, dan biarkan selama satu minggu sebelum Bibit Durian Bawor Di Tanam.

Langkah selanjutnya Penanaman

Tanam Bibit Durian Bawor Pada batas akar bibit, Jangan Sampai Batangnya ikut tertanam setelah di tanam, siram dengan air secukupnya.
Lakukan penyiraman di pagi hari setiap hari, setelah berbunga Kurangi intensitas penyiraman tanaman.

Langkah Perawatan bibit durian bawor

Lakukan Pemangkasan pada tunas air, cabang yang terkena penyakit atau cabang maupun ranting kering serta ranting yang tidak terkena sinar cahaya matahari.
Setelah tanaman mencapai tinggi 4 hingga 5 meter, Pucuk Tanaman di pangkas.