Membandingkan kopi moka Jember dan Yaman

Membandingkan kop moka jember dan yaman, Yaman merupakan negara Arab, Kopi moka merupakan varietas kopi arabika dari Yaman yang memiliki penampilan pohon dengan tajuk berukuran mini begitupun daunnya kecil-kecil, sehingga tampak berbeda nyata bila dibandingkan dengan tanaman varietas kopi arabika lainnya. Begitupun buah maupun biji kopi moka berukuran kecil, bahkan terkecil di antara semua varietas kopi arabika.
Kopi moka asli Yaman dikenal memiliki cita rasa yang unik yaitu  memiliki cita rasa manis khas fruity (rasa buah) dengan memunculkan karakteristik after taste cokelat. Jadi meskipun diseduh tanpa campuran cokelat, tetap muncul ada rasa cokelat di dalamnya. Dari cita rasa kopi moka dari Yaman itulah lahir varian kopi espresso yang dinamakan mochacino atau moccacino yang merupakan espresso dicampur sirup cokelat, susu serta krim kocok yang  di Indonesia lebih dikenal sebagai kopi moka.
Oleh karena itu, sering timbul kerancuan antara kopi moka dan kopi moka. Pada cita rasa kopi moka yang ditanam di Jember tidak muncul rasa cokelat, sehingga karakter cita rasa kopi moka ini agak berbeda dari kesan cita rasa kopi moka asli Yaman yang dicirikan dengan karakter rasa cokelat.
Nampaknya perbedaan ketinggian tempat tumbuh yang dibarengi perbedaan jenis tanah serta iklim  merupakan penyebab perbedaan karakter cita rasa kopi moka asli Yaman dan kopi moka yang ditanam di Jember.
Membandingkan kopi moka Jember dan Yaman