Sejarah Kopi

bubuk kopi

Kopi nikmat, white coffe, kopi hitam, secangkir kopi, penikmat kopi, pohon kopi, komditi kopi, kopi bubuk, biji kopi, itulah istilah istilah berkaitan dengan kopi, Tapi tahukan anda sejarah kopi sehingga dikenal sebagai komoditas yang bisa mendunia ini, bagian negara dibelahan dunia ini semua mengenal dengan baik, sebagai minuman penghangat kopi dikenal sangat manjur sebagai pembangkit semangat kerja, sebelum muncul produk produk minuman ringan pembangkit semangat, kopi lebih dahulu dikenal sebagai doping untuk pembangkit semangat kerja, Tetapi walaupun cukup banyak produk produk minuman ringan pembankit tenaga bermunculan, anehnya peran kopi tidak tergeserkan, banyak penikmat kopi setia d belahan bumi ini

Sejarah kopi

Sejarah kopi itu menarik, pertama kali kopi ditemukan oleh seekor kambing pada abad ke-9 di daerah ethiopia, didaerah dataran tinggi. Kenapa kambing? Ya, karena pada saat itu kambing-kambing memakan buah semacam cherry (cikal bakal kopi), dan kambing tersebut menjadi sangat bersemangat dan mampu terjaga pada malam hari.
biji kopiMelihat hal tersebut si penggembala kambing bernama khaldi kemudian penasaran dan mulai mencoba memakan buah tersebut, dan ternyata dia langsung dapat merasakan manfaatnya. Kabar baik itu sampai ke telinga biara setempat, oleh biarawan buah tersebut direbus dan dijadikan semacam ramuan, dan ternyata setelah meminum ramuan tersebut mereka mampu terjaga sepanjang malam, maka mereka mampu menulis dan berdoa semalaman. Begitulah awal kopi mulai menyebar.
Legenda Sejarah kopi ini juga menceritakan para biarawan ini menemukan bahwa biji kopi dapat di panggang dan minuman hasil campuran biji kopi panggang itu tidak hanya menghasilkan efek yang sama, namun juga terasa jauh lebih baik. Kopi biji dan minuman yang dibuat oleh mereka sejak saat itu dianggap sebagai stimulan mewah.
Kebiasaan ini kemudian terus berkembang dan menyebar ke berbagai negara di Afrika, namun metode penyajiannya masih menggunkan metode konvensional. Barulah beberapa ratus tahun kemudian biji kopi ini dibawa melewati Laut Merah dan tiba di Arab dengan metode penyajian yang lebih maju.