4 jenis tanaman kopi yang dibudidayakan

jenis tanaman kopi
  4 jenis tanaman kopi yang dibudidayakan, bertanam kopi, buah kopi, jenis tanaman kopi, jenis kopi yang paling poluler adalah arabika, para penikmat kopi menghargai kopi jenis arabika lebih dibanding jenis lainnya, faktor penentunya adalh mutu kopi selain jenisnya antara lain habitat tumbuh, teknik budidaya, penanganan pasca panen dan pengolahan biji, Empat jenis kopi yang banyak dibudidayakan adalah jenis kopi arabika, robusta, liberika dan excelsa. Sekitar 70% jenis kopi yang beredar di pasar dunia adalah kopi arabika. Disusul jenis kopi robusta menguasai 28%, sisanya adalah kopi liberika dan excelsa.

Jenis jenis tanaman kopi yang dibudidayakan

  1. Kopi arabika; Terbaik ditanam di ketinggian 1000-2100 meter dpl. Namunmasih bisa tumbuh baik pada ketinggian diatas 800 meter dpl. Bila ditanam di dataran yang lebih rendah, jenis kopi ini sangat rentan terhadap penyakit HV. tumbuh optimal pada suhu 16-20oC.  suasana kering sekitar 3 bulan/tahun. dipanen setelah berumur 4 tahun, produktivitas rata-rata sekitar 350-400 hingga 1500-2000, Rendemen atau prosentase antara buah yang panen dengan biji kopi (green bean) yang dihasilkan sekitar 18-20%. Para petani kopi arabika biasa mengolah buah kopi dengan proses basah. Meski memerlukan biaya dan waktu lebih lama, tapi mutu biji kopi yang dihasilkan jauh lebih baik.
  2. Kopi robusta; Kopi robusta (Coffea canephora) lebih toleran terhadap ketinggian 400-800 m dpl suhu 21-24oC/ cocok didataran rendah, Jenis kopi robusta lebih cepat berbunga dibanding arabika, waktu sekitar 2,5 tahun robusta sudah mulai bisa dipanen, Produktivitas robusta secara rata-rata lebih tinggi dibanding arabika yakni sekitar 900-1.300 kg/ha/tahun. waktu panas selama 3-4 bl/ th , Rendemen kopi robusta cukup tinggi sekitar 22%., harga robusta lebih rendah dari arabika  sehingga mengolah biji kopi robusta dengan proses kering yang lebih rendah biaya.
  3. Kopi liberika; Kopi liberika (Coffea liberica) bisa tumbuh dengan baik didataran rendah dimana robusta dan arabika tidak bisa tumbuh. Jenis kopi ini paling tahan pada penyakit HV dibanding jenis lainnya.  rendemen kopi liberika juga sangat rendah yakni sekitar 12%. Produtivitas kisaran 400-500 kg/ha/tahun. Liberika dapat berbunga sepanjang tahun dan cabang primernya dapat bertahan lebih lama.
  4. Kopi excelsa; Kopi excelsa (Coffea excelsa) merupakan salah satu jenis kopi yang paling toleran terhadap ketinggian lahan. Kopi ini bisa tumbuh dengan baik didataran rendah mulai 0-750 meter dpl.   produktivitas rata-rata 800-1.200 kg/ha/tahun. Kelebihan lain jenis kopi excelsa adalah bisa tumbuh di lahan gambut. Di Indonesia, excelsa ditemukan secara terbatas di daerah Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Jenis kopi lainnya            

Berdasarkan penulusuran literatur, terdapat ribuan spesies kopi di dunia. Namun dalam perdagangan global hanya dikenal empat jenis saja seperti yang telah dijabarkan di atas. Adapun beberapa jenis lainnya adalah sebagai berikut:
Coffea dewevrei
Coffea khasiana
Coffea arnoldiana
Coffea salvatrix
Coffea abeokutae
Coffea congenis
Coffea wightiana
Coffea kapakata
Coffea bengalensis
Coffea stenophylla
Coffea traverncorensis
Coffea eugenioides
Coffea recemosa