5 Tips membasmi jamur dengan cengkeh

cengkeh kering
5 Tips membasmi jamur dengan minyak cengkeh ini cara tradisional, tetapi terbutkti efektif, cengkeh adalah tanaman rempah yang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang memiliki khasiat baik daun maupun biji atau buahnya. Aroma khas cengkeh menandakan bahwa kandungan minyak atsiri di dalam biji atau buah dan juga daun cengkeh. manfaat cengkeh sebagai material pembuatan obat tradisional sudah dikenal dari jaman dulu, apalagi sebagai bumbu masakan, segala makanan nusantara yang terkenal enak memanfaatkan cengkeh sebagai bumbunya, Dan yang paling terkenal adalah sebagai bumbu rokok, Pabrik rokok, atau para penikmat rokok linting membumbui tembakau rokok dengan cengkeh.

Berikut adalah 5 tips membasmi jamur dengan minyak cengkeh.

  1. Gosok area berjamur dengan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam air panas.  Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jamur yang terlihat dan untuk mempersiapkan area untuk langkah berikutnya.  Gosok permukaan dengan kain atau tisu untuk mengangkat sisa jamur dan kotoran.
  2. Siapkan larutan 4 gelas air dan 1 sdt. minyak cengkeh dalam botol semprot. Air panas atau hangat akan sama-sama efektif.  Agar lebih aman, gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.
  3. Semprotkan larutan minyak cengkeh ke daerah yang ditumbuhi jamur hingga benar-benar basah.  Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan usap dengan kain. Idealnya Anda akan melihat jejak jamur kehitaman turut lenyap.
  4. Semprotkan sedikit lagi minyak cengkeh ke permukaan yang sebelumnya ditumbuhi jamur.  Kali ini jangan menyeka area tersebut. Minyak cengkeh akan menghambat pertumbuhan jamur dan efektif membunuh spora yang tersisa.
  5. Semprotkan larutan minyak cengkeh secara teratur satu atau dua kali per bulan untuk mencegah jamur tumbuh kembali.


Langkah-langkah atau 5 tips membasmi jamur dengan minyak cengkeh.  Selain mudah, juga ramah lingkungan.