Tari Gathut Koco Gandrung,Garden Wedding

Tari gathut koco gandrung
Tari Gathut koco gandrung, garden wedding. Melihat keluhuran budaya nenek moyang yang adi luhung, khususnya adat jawa. Tarian atau traditional dance, clasical dance dari budaya keraton surokarto hadiningrat, ngayogyokarto hadiningrat, ditampilkan secara singkat dengan durasi kisaran 10 menit, untuk hiburan dalam acara resepsi pernikahan.Dimainkan di suasana kebun atau garden pada acara pernikahan atau wedding. Yang menarik dari tarian ini adalah dari gaya atau mode busana yang digunakan yaitu memakai atribut tokoh pewayangan Gathot koco yang berkumis tebal, dan memiliki sayap untuk bisa terbang, yang sedang wuyung atau cerita kisah cinta antara Raden Gathut koco dengan pujaan hati Srikandi.

Cerita tari gathut koco gandrung

Cerita tari gathut koco gandrung ini bercerita tentang seorang anak manusia bernama Raden gathut koco yang gagah perkasa, otot kawat tulang besi, bisa terbang, berkumis tebal, kebal senjata atau tosing gegaman, tapak paluning pande dan tiada lawan kesaktian, tetapi hatinya seolah ditaklukkan oleh sosok di alam mimpi seorang perempuan berambut panjang dengan dengan paras wajah cantik menggoda di alam mimpi, tetapi saat dikejar wanita cantik tersebut malah berlari, tetapi ketika dijauhi si wanita cantik tersebut malah mendekat.
Kemudian gadis cantik tersebut menghilang entah kemana, dan kemudian setelah sadar dari alam tidur, alam angan angan, raden gathuk koco melihat dari jauh sosok perempuan cantik tersebut, kemudian bisa memikat hatinya kemudian benar benar bisa membuat jatuh hati Raden Gathu koco, kemudian bisa dimilikinya berkat kelembutan gerakan dan senyumannya, bukan karena kekuatan badan maupun senjatanya.
Dimainkan dengan diiringi lantunan gending jawa klasik, dan dipadu oleh bumbu penyampaian oleh pembawa acara dengan adat kejawen akan semakin membuat suasana haru dan khidmat bisa kita rasakan sebagai penonton dari tari gathut koco gandrung, garden wedding

VEDIO TARI GATHUT KOCO GANDRUNG PART 1


VEDIO TARI GATHUT KOCO GANDRUNG PART 3