7 makanan wajib untuk perokok

zat berbahaya rokok
gambar: http://mysupermonkey.blogspot.com  
7 makanan wajib untuk perokok ini dipercaya memiliki kandungan yang dapat mengurangi efek terhadap tubuh dari pengaruh yang ditimbulkan oleh nikotin, zat berbahaya yang terkandung didalam rokok, pada dasarnya semua makanan memiliki kelebihan apabila dianalisa dari segi kandungan, tetapi berbeda dengan anda yang perokok yang dikenal secara medis memiliki pengaruh yang tidak baik terhadap tubuh.

lalu apa saja 7 makanan wajib untuk perokok itu

  1. Brokoli; Salah satu jenis sayuran yang paling dibenci banyak orang ini ternyata mengandung segudang vitamin yang sangat berguna bagi perokok. Meski biasanya buah-buahan lebih dikenal sebagai pemasok vitamin C bagi tubuh, sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C dan B5. Selain itu brokoli juga mengandung anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang disebut glucosinolates dan sangat berguna untuk membunuh sel kanker.Sementara, kebiasaan merokok sangat mengurangi vitamin C dalam tubuh Anda. Itu sebabnya jika Anda merokok terlalu banyak dalam waktu singkat, bibir Anda akan kering dan pecah-pecah layakanya seseorang yang kekurangan vitamin C. Maka itu dengan mengkonsumsi brokoli, Anda bisa mengurangi kadar nikotin yang menggerogoti tubuh Anda
  2. Jeruk;Tak berbeda jauh dari brokoli, jeruk juga merupakan pemasok vitamin C yang sangat besar. Selain itu rasa asam dari jeruk ternyata meningkatkan metabolisme tubuh dan ditambah lagi rasa manis pada jeruk berfungsi sama seperti gula yang bisa menjadi sumber tenaga dan menghilangkan stress Anda sehari-hari. Bagi Anda yang tidak suka memakan buah, konsumsilah jus atau es jeruk natural secara rutin. Gantilah es teh manis yang biasa Anda minum saat makan siang dengan es jeruk. Selain lebih menyegarkan, es jeruk jauh lebih sehat bagi Anda para perokok
  3. Wortel; Wortel yang biasa dikenal sebagai sayuran untuk memperbaiki fungsi mata ternyata juga sangat berguna bagi Anda yang merokok. Wortel terbukti mengandung vitamin A dan C dan beberapa zat gizi lainnya.Selain itu wortel juga mengandung beta karoten dan kandungan falcarinol yang dapat mencegah timbulnya kanker, terutama kanker paru-paru. Ditambah lagi bahwa wortel mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kulit. Sebagai catatan salah satu efek buruk dari rokok adalah merusak sel-sel pada kulit yang membuat kulit akan tampak kusam dan menua.Biasakan mengkonsumsi wortel sebagai sayuran yang melengkapi menu makanan Anda, karena selain wortel adalah jenis sayur yang mudah kita temui, terbukti khasiatnya sangat besar mulai dari mata hingga jantung.
  4. Bayam;Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan asam folat. Jumlah nikotin dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan janin. Vitamin A, C, E, D, dan B yang terdapat dalam bayam sayuran ini sangat ideal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena, vitamin-vitamin dapat menjaga jumlah sel imun dalam tubuh sehingga cukup untuk memperkuat tubuh jika ada ancaman infeksi dan racun di dalam tubuh termasuk nikotin.Kandungan vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Bahkan hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan  yang terdapat di dalam  bayam bisa menurunkan risiko terkena kanker hingga 34%. Sementara seperti yang kita ketahui nikotin adalah salah satu penyebab kanker paling berbahaya untuk tubuh kita. Maka dengan mengkonsumsi bayam resiko kanker akan mengecil.
  5. Kiwi;Kiwi dapat membantu menghilangkan nikotin dari tubuh. Buah ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C, A, E. Bahkan kandungan vitamin yang terdapat dalam kiwi lebih besar dibanding sebagian besar buah yang ada.Vitamin E yang terdapat didalam buah kiwi sangat berguna berguna sebagai antioksidan dan menjaga jantung sehat. Kita semua sudah mengetahui bahwa nikotin memiliki potensi untuk melemahkan fungsi jantung. Maka kiwi akan menjadi buah ideal bagi para perokok karena dapat menyehatkan fungsi jantung yang sudah rusak.Selain itu kiwi juga merupakan buah yang kaya akan serat, menurut sejumlah penelitian, buah yang kaya serat membantu dalam mengobati kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.
  6. Buah-buahan berries;Semua jenis berries sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak antioksidan. Mulai dari strawberry, blueberry, raspberry, dan sebagainya merupakan buah-buah yang sangat kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh. Bahkan buah-buah berries ini dijuluki superfoods oleh para ahli karena kegunaannya yang sangat laus. Buah-buahan berries juga dapat membantu menghilangkan jumlah nikotin dari tubuh. Menurut penelitian, blueberry mengandung zat bernama Anthocyanosides, yang merupakan antioksidan terkuat. Disamping itu buah ini juga kaya akan vitamin C, A dan B. Jadi selain berguna untuk mengurangi kadar nikotin yang ada didalam tubuh, buah-buahan ini juga berguna mengembalikan tubuh ke kondisi yang sehat setelah dirusak nikotin berkat kandungan vitamin yang sangat banyak. Sekedar catatan, kebanyakan buah kehilangan khasiatnya setelah diproses menjadi minuman seperti jus, yoghurt dan sebagainya, tetapi fakta  tersebut tidak berlaku pada buah-buahan ini. Bahkan berries yang sudah diproses menjadi es krim sekalipun tidak kehilangan khasiat vitamin-vitamin didalamnya. Benar-benar superfoods!
  7. Kedelai;Kacang kedelai merupakan bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan isoflavon yang dapat membantu dalam mengurangi kolesterol, kemungkinan pembekuan darah, dan penyakit jantung. Semua makanan berbahan dasar kedelai mengandung zat-zat bermanfaat seperti zat besi, kalsium, potassium serta protein tinggi yang sangat bermanfaat untuk membunuh racun di dalam tubuh. Baik bentuk penyajiannya dalam bentuk tahu, tempe, atau susu kedelai, yang pasti kandungan dalam kedelai bisa menjadi investasi yang baik untuk tubuh kita di masa depan karena memiliki kemampuan mengeluarkan kadar nikotin dalam tubuh perokok. 
7 makanan wajib untuk perokok ini yang menjadi acuan bukan rasanya tetapi kandungan atau nutrisinya.