Trembesi | Ki hujan

Trembesi | Ki hujan adalah tanaman pelindung yang perdu yang memiliki nama latin samanea saman penjual tanaman trembesi yang membuat harga bibit tanaman trembesi ini menjuluki dengan sebutan saman, pohon hujan, monkey, tanaman ini dikenal sebagai peneduh yang handal, digunakan sebagai material penghijauan jalan raya, banyak program menanam satu juta pohon, program go green atau apapun nama program penghijauan pasti tidak luput untuk menggunakan material tanaman ini.

Klasifikasi ilmiah tanaman Trembesi | Ki Hujan

Gambar https://www.facebook.com/SBYudhoyono
  1. Kerajaan Plantea
  2. Divisi magnoliophyta
  3. Kelas mgnoliopsida
  4. Ordo Fabeles
  5. Family Fabaceae
  6. Upafamili mimosoideae
  7. genus Albizia
  8. Spesies A.Saman
  9. Nama Binomial Albizia saman

Spesifikasi Pohon Trembesi | Ki hujan

  1. Ciri Pohon, Albizia Saman dapat mencapai ketinggian rata-rata 30 - 40 m, lingkar pohon sekitar 4,5 m dan mahkota pohon mencapai 40 - 60 m. Bentuk batangnya tidak beraturan kadang bengkok, menggelembung besar. Daunnya majemuk mempunyai panjang tangkai sekitar 7-15 cm.[2]. Sedangkan pada pohon yang sudah tua berwarna kecokelatan dan permukaan kulit sangat kasar dan terkelupas.
  2. Ciri Daun, Daunnya melipat pada cuaca hujan dan di malam hari, sehingga pohon ini juga di namakan Pohon pukul 5. Kulit pohon hujan ini berwarna abu-abu kecokelatan pada pohon muda yang masih halus. Sedangkan lebar daunnya sekitar 4-5 cm berwarna hijau tua, pada permukaan daun bagian bawah memiliki beludru, kalau di pegang terasa lembut.
  3. Ciri Bunga, Pohon hujan berbunga pada bulan Mei dan Juni. Bunga berwarna putih dan bercak merah muda pada bagian bulu atasnya. Panjang bunga mencapai 10 cm dari pangkala bunga hingga ujung bulu bunga. Tabung mahkota berukuran 3,7 cm dan memiliki kurang lebih 20-30 benang sari yang panjangnya sekitar 3-5 cm. Bunga menghasilkan nektar untuk menarik serangga guna berlangsungya penyerbukan.
  4. Ciri Buah
Buah pohon hujan bentuknya panjang lurus agak melengkung, mempunyai panjang sekitar 10-20 cm, mempunyai lebar 1,5 - 2 cm dan tebal sekitar 0,6 cm. Buahnya berwarna cokelat kehitam-hitaman ketika buah tersebut masak. Bijinya tertanam dalam daging berwarna cokelat kemerahan sangat lengket dan manis berisi sekitar 5 - 25 biji dengan panjang 1,3 cm.

Puisi Trembesi karya Presiden SBY

Pohon Trembesi
Indah,
kokoh tegak berdiri
si pohon trembesi

Tengah hari
trembesi memberi salam pada matahari
bertekad diri
menjaga bumi biar tetap lestari

Malam hari
daun trembesi tertunduk, dan menyendiri
menulis puisi
tentang kisah dan romantika hidup sepanjang hari

Trembesi yang kukenal kini makin percaya diri
karena punya sahabat di seputar negeri
saling berbagi
untuk kehidupan yang sungguh abadi

Cikeas, 1 Agustus 2010
Puisi karya Susilo Bambang Yudhoyono. Trembesi | Ki hujan