Tumbuhan Pacar Cina yang bermanfaat dan berkhasiat

pacar cina, aglaia odorata
Tumbuhan pacar cina yang bemanfaat dan berkhasiat ini adalah tanaman yang mudah tumbuh di semak-semak, menghasilkan bunga kuning sebesar butir beras dengan bau harum dengan aroma wangi sangat kuat.  Aglaia odorata memiliki banyak khasiat untuk keperluan dunia kesehatan,  odorine dan odorinol diperoleh dari tanaman yang bersifat dingin guna meredam  aktivitas kanker chemopreventive.
Tanaman Perdu, tinggi 2 - 6 m, batang berkayu, bercabang banyak, tangkai berbintik-bintik kelenjar berwarna hitam. Daun majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling, anak daun 3 - 5. Anak daun bertangkai pendek, bentuk bundar telur sungsang, panjang 3-6 cm, lebar 1 - 3,5 cm, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata, permukaan licin mengilap terutama daun muda. Bunga dalam malai rapat, panjangnya.5-16 cm, warna kuning, dan harum. Buah buni, bulat lonjong, warnanya merah, panjang 6 - 7 mm, dengan ruang 1-3, biji 1-3.

Ciri tumbuhan pacar cina yang bermanfaat dan berkhasiat

  1. Spesies  Aglaia odorata
  2. Nama Inggris Culan
  3. Nama Indonesia Daun pacar cina
  4. Nama Lokal Culan (Sunda), Pacar Culam (Jawa), Pacar cina, culan (Sumatra)
  5. Distribusi/Penyebaran tanaman ini meliputi India, Cina bagian selatan, Asia Tenggara, Australia bagian utara dan kepulauan di Samudra Pasifik. Di Indonesia tumbuhan dapat ditemui tumbuh di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Philipina, Sulawesi, Bali dan Flores.
  6. Habitat Pacar cina sering ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman hias, atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari.
  7. Perbanyakan melalui cangkok.

Kegunaan tumbuhan pacar cina 

Senyawa aktif utama yang bersifat insektisida dan dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan biopestisida ini termasuk dalam golongan benzofuran. pada daun Aglaria odorata selain rokaglamida juga ditemukan, dan tiga senyawa turunan yaitu desmetilrokaglamida, metil rokaglat dan rokaglaol. Aktivitas ekstra bagian tanaman pacar cina selain bersifat insektisida dapat juga bersifat antifidan atau penghambat perkembangan

No comments:

Post a Comment

Build good Information by share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...